WHAT'S NEW?
Loading...

STI 11

Supply Chain adalah adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.

Munculnya SCM di latar belakangi oleh 2 hal :
1. Praktek manajemen logistik tradisional yang bersifat adversarial pada era modern ini sudah tidak relevan lagi, karena tidak dapat menciptakan keunggulan kompetitif
2. Perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat dengan persaingan yang semakin ketat

Proses Kunci Dalam Supply Chain Management
1. Customer relationship management.
2. Customer service management.
3. Demand management
4. Order fulfillment.
5. Manufacturing flow management.
6. Procurement
7. Product development and commercialization.
8. Returns.
Dalam delapan kunci diatas akan tercipta suatu aliran dan suatu integrasi dan suatu manajemen bisnis.

Primary Strategy
Critical Supply Chain Practices
Innovation
Design chain / supply chain integration
Collaborative innovation with suppliers
Dedicated NPI supply chain
Cost
Integrated factory planning and scheduling
Raw materials and manufacturing process standardization
Design for manufacturing, procurement, order management
Service
Customer collaborative planning
Customer segmentation
Postponemen
Quality
Product and lot-level traceability
Life cycle tracking of sold products
Supply Chain Mempunyai 4 Area Dasar Yang Harus Dibuat :
1. Fasilitas adalah suatu tempat untuk menyimpan barang yang dirakit atau dibuat.
2. Inventory adalah semua bahan baku dan barang jadi.
3. Transportasi adalah perpindahan barang dari fasilitas satu ke fasilitas lainnya.
4. Informasi adalah berisi data analisa mengenai ketiga hal diatas ditambah dengan pelanggan.

Manfaat Supply Chain Management
1. Kepuasan pelanggan.
2. Meningkatkan pendapatan.
3. Menurunnya biaya.
4. Pemanfaatan asset semakin tinggi.
5. Peningkatan laba

0 komentar:

Posting Komentar