WHAT'S NEW?
Loading...

STI 3

“Our actions are the result of our intentions and our intellegence” by Stanley jones.
Lalu kuliah dilanjutkan dengan sesi Interesting Finding on summary 1 yang berisi tentang feedback dari teman-teman. Serta Interesting Finding on summary 2.
Sebelum masuk ke materi, Bu Amna menjelaskan pentingnya kedisiplinan. Jadi, kita diberi batasan keterlambatan untuk kebaaikan kita sendiri, untuk melatih kedisiplinan tidak hanya bagi Mahasiswa namun juga bagi dosen. Bu Amna juga menyinggung tentang perkembangan pengerjaan proyek game. Beliau menghimbau agar tugas tersebut segera dikerjakan, jangan mengandalkan “The Power of Kepepet”. Beliau juga mengingatkan teman-teman agar menjaga kesehatan, karena kesehatan bukan hanya penting untuk saat ini namun juga untuk masa depan kita nantinya. Kemudian Bua Amna menampilkan perolehan nilai komentar JSI-Elearning.
Nah, kita mulai masuk meteri nih. Materinya melanjutkan dari yang minggu lalu, yaitu masih tentang karakteristik informasi. Informasi itu harus:
6. Relevan:  yaitu masih ada sangkut pautnya. Kerelevanan suatu informasi berkontribusi dalam pengambilan keputusan. Contohnya : jadwal kuliah sangat penting bagi mahasiswa, namun tidak hanya mahasiswa saja yang butuh info tentang jadwal kuliah, bisa jadi penjual kantin pun membutuhkan informasi tersebut untu menentukan jam buka-tutup lapak.
7. Reliable: artinya dapat dipercaya, implikasi dari info yang tidak reliable adalah salah dalam menentukan keputusan. Contoh dari karakteristik informasi ini adalah Black Campaign(kampanye yang menyebarluaskan kepalsuan dan White Campaign(kampanye yang menunjukkan kejelekan lawan politik namun realistis).
8. Secure: aman dari unauthorized user(pengguna yang tidak berizin). Contonhya adalah PIN ATM. Jangan sampai PIN dishare, karena akan merugukan anda.
9. Simple: tidak berlebihan. Misalnya penambahan informasi yang sebenarnya tidak diperlukan dan malah dapat membingungkan. Karakteristik ini membantu mempercepat pengambilan keputusan.
10. timely: ada saat kita membutuhkan. Contohnya saat mahasiswa membutuhkan informasi jadwal, maka tersedialah Kalender akademik dengan tahun ajaran yang sesuai.
11. Verifiable: yaitu kita dapat mengetahui bagaimana informasi tersebut didapat, sehingga dalam pengambilan informasi harus benar.
Lanjut ke sesi Challenge: sebutkan informasi yang bisa didapat dari data tentang tiket pesawat.
 Di sesi ini kita hanya diberi waktu 30 detik untuk menjawab. Salah satu pembahasan jawaban adalah, dari data tentang kode pembayaran, harga tiket dan kode penerbangan. Dapat diambil informasi bahwa suatu kursi kelas penerbangan laku dijual atau tidak, sehingga pihak maskapai dapat mengalokasikan kuota kursi penerbangan dengan sesuai dan memperoleh keuntungan.
Kemudian, kami memasuki materi kembali, kali ini tentang sistem informasi.
Sistem merupakan sekumpulan elemen atau komponen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan/goal. Komponen sistem antara lain:
1.       input :mengumpulkan data mentah
2.       process: kumpulan langkah-langkah atau aktivitas aktivitas yang runtut. Tujuannya adalah mengubah input menjadi output.
3.       Output: menghasilkan informasi
4.       Feedback : yang berfungsi untuk mengendalikan kualitas output dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas output.
Adapun contoh dari komponen sistem adalah ‘cuci mobil’

Feedback ada hubunganya dengan continues improvement.
Lanjut ke sesi Challenge: sebutkan sistem beserta komponenya(terserah sih sistem apa)
Contohnya adalak kegiatan OKKBK dan ATM. Namu disini saya hanya menuliskan contoh yang ATM saja. Sistem ATM
Input : pin/kata sandi
Proses      : memasukkan kartu-memilih jumlah uang yang diinginkan-mengambil uang-mengupdate saldo.
Output      : uang, struk, dan jumlah saldo.
Feedback : dapat berupa kritik dan saran, misalnya tentang kualitas uang(karena terkadang uang yang diterima palsu), tentang keamanan, dan kartu macet.
Kembali ke awal tentang pengertian sistem informasi, jadi
Sistem adalah kompulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Informasi adalah kumpulan dari data-data yang sudah diolah dan diambil dari observasi
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
Sistem informasi adalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mengumpulkan, mengelola, menyimpan dan menyebarluaskan informasi di lingkup organisasi.
Sistem informasisendiri tidak harus berbasis komputer(CBIS), ada juga sistem informasi berupa manual misalnya tentang catatan,
Input      : catatan pinjaman
Proses : fotocopy catatan
Output  : fotokopiannya
Feedback : ternyata catatannya kurang jelas sehingga metode fotokopi tidak baik untuk diterapkan, jadi catatan teman tersebut bisa difoto .
CBIS(computer based information system)  is a single set of hardware, software, database, telecomunication, people, and procedures that are configured to collect, manipulate, store and process data into information.
Materi selanjutnya adalah tentang komponen SI atau Sumber daya SI
Komponennya adalah hardware, software, database, telecomunication, people dan procedure.
-          Membutuhkan hardware dan software
-          Perlu unsur telekomunikasi
-          Database : misalnya archieve, powerpoint, teks, dkk.
-          People      : merupakan komponen yang sangat krusial.
-          Procedure : fungsinya adalah untuk membatasi agar sistem dapat beroperasi.
Sesi materi usai, sesi penugasan pun tiba:
Jadi tugas untuk minggu depan adalah membuat video, teman-teman akan dibagi kelopok dan memerankan komponen SI. Serta tugas berupa analisis studi kasus yang dikerjakan sekasus berdua.
sekian. Berakhirlah kuliah STI #3, kuliah ditutup dengan doa.



0 komentar:

Posting Komentar