WHAT'S NEW?
Loading...

STI 9

Tujuan pembelajaran: Memahami berbagai bentuk e-Commerce
Materi : Jenis-jenis e-commerce(B2B, B2C, C2C, dan e-Government), Bentuk e-commerce framework(online shop, market place, social network commerce, commerce forum serta Keuntungan dan tantangan e-commerce)
Konsep e-commerce: bentuk bisnis online, barang/produk tidak harus nyata.
Bentuk framework e-commerce:
Online shop: lebih berfokus pada produk sendiri, jadi toko online yang menprosuksi serta menjualnya juga.
marketplace: selain menyediakan ‘tempat’ jual-beli biasanya juga menyediakan metode pembayaran.
social network commerce: bentuk bisnis dengan medium media sosial(FB, twitter, line, dkk)
commerce forum: bentuk bisnis dimana di situs tersebut kita bisa berdiskusi dan ‘bedagang’ dalam suatu forum. Misalnya kaskus.com.
sebenarnya ada juga e-commerce yang lain yaitu, iklan baris.

Jenis e-commerce:
1.Business to Business (B2B)
Business toBusiness merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan-perusahaan lain.
2. BusinesstoConsumer (B2C)
Business to Consumer merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada  pasar. Contohnya lazada.com
3. Consumer to Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Misalnya olx.com.
4. Consumer-to-Business (C2B)
Consumer-to-Business merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Keuntungan menggunakan e-commerce adalah kita bisa melakukan transaksi barang dan jasa everytime, everywhere. 

0 komentar:

Posting Komentar