WHAT'S NEW?
Loading...

STI2,the beauty of Information System


                Kuliah Sistem Teknologi Informasi minggu kedua diawali dengan Quote dari Chanakya, isinya Education isthe best friend, An education person is respected everywhere, and Education is the beats the beauty and the youth. Sungguh kata mutiara yang membangkitkan kita untuk terus belajar dan mengejar impian kita.

                Obyek pembelajaran pada pertemuan kali ini adalah, perbedaan SI dan TI, konsep informasi dan sistem, dan komponen-komponennya. Materi dibuka dengan pertanyaan “apakah anda sering menggunakan teknologi informasi”(jawabannya pastilah sering). Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari teknologi. Contohnya penggunaan teknologi informasi dalam,
1.       media sosial seperti, facebook, twitter, line, dkk
2.       minimarket(CCTV, barcode, komputer, printer, dkk)
3.       media pembelajaran(share ITS)
4.       ATM seperti e-banking dan SMS banking(sekedar tambahan informasi bank prosedur pada bank BRI lebih rumit daripada bank lain, lebih baik memakai bank Mandiri)
5.       E-KTP (e-KTP bertujuan untuk menghilangkan pemilih ganda guna menyambut Pemilu 2014)
6.       SMS, seperti REG_Primbon dan SMS penipuan(mama mita pulsa)
                Jika dibandingkan dengan perkembangan teknologi informasi di negara lain(Korea), TI di indonesia masih buruk, dan masih belum terintegrasi
                Dari masing-masing contoh penggunaan teknologi informasi, terdapat karakter pada masing-masing media, namun terdapat kesamaan diantara keenam contoh tersebut, yaitu adanya unsur informasi.
                Terdapat beberapa alasan mempelajari SI/TI, antala lain:
1.       SI/TI diterapkan pada semua profesi.
2.       Materi esensial untuk meraih tujuan karir.
                Antara SI dan TI terdapat perbedaan, yaitu TI merupakan penerapan dari peralatan komputer dan telekomunikasi, untuk tujuan menyimpan, memperoleh, mentransmisi, dan memanipulasi data terutama dalam konteks bisnis dan enterprise. TI juga merupakan kumpulan sistem komputer yang dugunakan oleh organisasi. Sedangkan SI merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas individu yang mendukung pelaksanaan manajemen dan pembuatan keputusan.
                Setelah mengetahui konsep SI dan TI, lau apakan SI itu?. SI terdiri dari unsur-unsur yang tersusun seperti piramida(hierarki informasi), dimulai dari bagian terbawah yaitu data(fakta yang masih mentah), informasi(kumpulan data yang telah diolah dan memiliki nilai), knowledge(informasi yang telah dianalisis dan disintesis, dan yang terakhir dan juga merupakan puncak piramida, yaitu wisdom(keputusan).
                Berikut penjelasan lebih lanjut tentang hierarki informasi. Yang pertama adalah data. Data dapat berupa hasil observasi, fakta mentah, dan data digunakan sebagai tujuan pengukuran atribut/karakteristik. Terdapat tipe-tipe dalam data, diantaranya alphanumeric data(direpresantisan dengan numbers, letters, dan karakter), image data(grafis dan gambar), audio data( suara, nada, dan bunyi), serta video data(berupa gambar bergerak)


                Nah, yang dimaksud atribut data dapat diilustrasikan dengan “tiket pesawat”, di dalam tiket pesawat terdapat banyak informasi yang bisa kita peroleh antara lain  identitas penumpang. Atribut data identitas penumpang adalah bagian-bagian dari identitas, diantaranya nama, tujuan, asal, tempat duduk, dkk. Contoh lainnya adalah, misalkan kita mengambil tema dari weather, jadi data adalah “hari ini hujan”, informasi/kumpulan datanya adalah “ketika temperatur turun sekian derajat maka hujan turun”, Knowledge-nya adalah penjelasan tentang proses hujan, dan wisdomnya berupa keputusan tindakan jika hujan terjadi. Contoh lainnya adalah tentang absensi, datanya adalah “ hari ini adal yang sakit, sebut saja Mawar, informasinya adalah “yang sakit adalah Mawar, Melati dan Bunga, knowledge-nya adalah “oh, ternyata Mawar sering sakit”, dan Wisdom-nya adalah “jika  si Mawar sering sakit apa yang dilakukan?misal memanggil orangtuanya”.
Adapun materi terakhir yang dapat tersampaikan adalah nilai informasi. Nilai informasi berhubungan langsung dengan bagaimana informasi dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan organisasi. Nilai informasi: accessible(bisa diakses), accurate(bebas dari kesalahan), complete(berisi semua fakta penting), economical(bernilai ekonomi), dan flexible(bisa untuk berbagai tujuan).
Sekian tulisan saya tentang kuliah STI minggu kedua, terus terang banyak sekali informasi di luar  yang saya dapatkan. bu amna juga sempat menampilkan cuplikan berita terkait SI/TI sehingga kita bukan hanya tahu tetapi juga paham dengan materi STI. Dan akhirnya, semoga kita menjadi GIGO (Gold in Gold out) bukannya GIGO(Garbage in Garbage out).

 

0 komentar:

Poskan Komentar